RSS

Optimis Donk, Guys!

11 Okt

Sebuah tulisan hasil membaca buku karangan Afifah Afra dengan judul “Optimis Donk, Guys!”.

Boleh Jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al Baqoroh:216)

Optimisme adalah kebiasaan berfikit positif. Artinya optimisme adalah sebuah akhlak (tingkah laku) yang muncul karena kita senantiasa mamandang segala sesuatu dari segi positifnya. Seringkali sebuah permasalahan pelik yang dialami oleh manusia ternyata berasal dari persepsi terhadap diri sendiri dan objek-objek yang ada di sekitar mereka. Tatkala kita percaya bahwa kita akan berhasil maka Allah akan memberikan jalan kepada kita untuk berhasil. Orang optimis lebih banyak mengalami kesuksesan, karena mereka menjadikan kegagalan yang mereka alami sebagai sebuah cambuk menuju keberhasilan. Orang optimis itu selalu penuh harapan. Harapan itu tercetus karena mereka memiliki keyakinan yang luar biasa (dalam islam disebut iman). Di dalam sejarah itu terdapat pengajaran yang sangat berharga untuk kita terapkan dalam hidup. Semestinya sebelum kita bertindak, kita harus lebih dulu melakukan analisis SWOT terhadap diri kita sendiri. Melakukan analisis SWOT diri akan membuat kita bisa mengukur seberaa besar kekuatan kita. Kritikan adalah salah satu bentuk informasi dari orang lain atas kelemahan yang kita miliki. Target juga harus realistis, agar tidak membuat kita frustasi. Siapa kita esok hari adalah apa yang kita pikirkan dan kita amalkan pada hari-hari sekarang. Orang yang sukses, yang berprestasi, yang jadi pemenang adalah orang yang bisa mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki. Keindahan dari sebuah kesuksesan bukanlah bagaimana kita tidak pernah gagal, tetapi bagaimana kita bangkit lagi saat mengalami kegagalan. 

Apa resep untuk mencapai kesuksesan? Bagiku hanya empat bumbu dasar : Pilihan karier yang kau sukai, berikan yang terbaik yang ada pada dirimu, manfaatkan kesempatan, dan jadilah anggota tim (Benjamin F. Fairless)

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 11 Oktober 2013 in Uncategorized

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: